Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Sarana Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Dan Xi Di Sma N 5 Dumai

Abstract

Keluarga merupakan tempat utama dan pertama bagi pendidikan seorang anak sehingga pembentukan sikap dan kepribadian sangat dominan. Pola asuh orang tua adalah cara-cara yang digunakan oleh orang tua selama pengasuhannya, terutama dalam memberikan pendidikan dan bimbingan agar anaknya tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapannya, baik secara fisik dan psikis. Dan selain pola asuh orang tua, faktor lain yang dapat mempengaruhi kemandirian belajar adalah sarana belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan sarana belajar terhadap kemadirian berlajar siswa kelas X dan XI. Penelitin ini menggunakan penelitian kuantitatif, penelitianini dilakukan  di SMA N 5 Dumai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI di SMA N 5 Dumai dengan jumlah 347 siswa. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan rumus slovin sehingga jumlah sampel adalah 186 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Data dianalisis menggunakan analisis regresi berganda, dengan bantuan software SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menemukan bahwa pola asuh orang tua dan sarana belajar berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 65,3% dan sebesar 34,7% pengaruhi oleh faktor lain yaitu lingkungan sosial, metode belajar, dan  bimbingan belajar.