Potensi Marketplace dalam Meningkatkan Pemasaran Produk Susu Sapi Perah pada Masa Pandemi Covid19 di Desa Kradinan

Abstract

Berkurangnya hasil produksi serta berkurangnya akses pemasaran produk susu serta olahan sapi perah di desa Kradinan Kabupaten Tulungagung, sebagai akibat pandemi covid19 turut dirasakan para peternak sapi perah. Dengan kendala yang dihadapi ini, sebagai langkah antisipasi kendala yang mungkin terjadi di masa yang akan datang serta untuk lebih meningkatkan promsi dan penjualan dari peternak sapi dan olahannya, maka Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini memberikan tambahan pemahaman penggunaan marketplace yaitu tentang konsep pasar, manfaat dan keuntungan pemasaran, cara kerja pasar, proses pembuatan, cara mendaftar dan membuat berbelanja di toko online.  Kegiatan diawali dengan metode ceramah dan demonstratif terkait pemahaman marketplace dan macamnya. Metode pendampingan dilaksanakan pada saat masyarakat sasaran mengumpulkan data di lapangan. Evaluasi hasil pendampingan dilakukan untuk mengukur tingkat keberhasilan kegiatan ini. Setelah pendampingan selesai tampak adanya perubahan sikap dari masyarakat sasaran.