KEPUTUSAN PEMBELIAN YANG DITINJAU DARI PENGARUH CITRA MEREK, PERSEPSI HARGA, DAN KUALITAS PRODUK

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap keputusan pembelian barang bangunan. Desain/Metodologi/Pendekatan Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausalitas. Jenis data penelitian ini yaitu data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 90 responden. Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil Penelitian: Secara simultan maupun parsial Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Adapun besarnya pengaruh tersebut yaitu sebesar 52,3%, sedangkan 47,7% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diuji dalam penelitian ini. Implikasi Hasil Penelitian: Peningkatan citra merek dan kualitas produk sangat diperlukan untuk meningkatkan penjualan produk tersebut, begitupun dengan persepsi harga yang baik juga akan membuat konsumen cenderung akan memutuskan untuk melakukan pembelian pada sebuah toko.