BAURAN PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK PT. BANK RAKYAT INDONESIA DI KOTA SUNGAI PENUH

Abstract

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah variabel produk, lokasi, promosi, dan bukti fisik berpengaruh terhadap keputusan masyarakat untuk memilih produk PT. BRI Kota Sungai Penuh. Desain/Metodologi/ Pendekatan Penelitian: Jenis penelitian ini yaitu kausalitas dengan jenis data kuantitatif yaitu berupa angka. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 250 orang nasabah PT. BRI di Kota Sungai Penuh. Data diolah dengan aplikasi IBM SPSS 26. Hasil Penelitian: Hasil pengujian secara statistik menemukan bahwa produk, lokasi, promosi, dan bukti fisik terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan masyarakat untuk memilih produk PT. BRI Kota Sungai Penuh, dengan besarnya pengaruh tersebut yaitu 62,1%. Implikasi Hasil Penelitian: Dengan hasil ini, maka BRI dapat memprioritaskan variabel penting dalam melakukan promosi yaitu dengan menurunkan karyawan yang memiliki komunikasi dan penampilan yang baik, begitupula dengan memberikan bukti fisik dalam pelayanan dan promosi, serta lokasi kantor yang strategis.