STRATEGI PEMBERDAYAAN EKONOMI PADA USAHA DISTRIBUTOR FROZEN FISH NAMORA GROUP

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pemberdayaan ekonomi yang diterapkan oleh distributor frozen fish usaha dagang Namora Group. Pendekatan penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah owner (pemilik) dan karyawan usaha dagang Namora Group. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini ditemukkan strategi dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat pada usaha distributor frozen fish usaha dagang (U.D) Namora Group, yaitu dengan melakukan: (1) identifikasi dan evaluasi kesempatan; (2) analisis segmen pasar dan memilih target pasar; (3) perencanaan dan pelaksanaan bauran pemasaran yang mampu memberikan nilai bagi pelanggan dan sesuai dengan goal dari organisasi itu sendiri, yaitu keunggulan strategi pemberdayaan ekonomi pada variabel produk (product), harga (price), promosi (promotion) dan lokasi (place); (4) analisis kemampuan kerja perusahaan. Kata Kunci: Strategi Pemberdayaan Ekonomi, Distributor Abstract This study aims to explain the economic empowerment strategy implemented by the frozen fish distributors of the Namora Group trading business. The research approach is qualitative narrative. The instruments used in collecting data are interviews, observations and documentation. Namora Group. Data analysis used is data collection, data reduction, presentation and conclusion. From the results of this study, a strategy was found in empowering the community's economy in the frozen fish distributor business (U.D) Namora Group, namely by carrying out: (1) identification and evaluation of opportunities; (2) analysis of market segments and selecting target markets; (3) planning and implementing a marketing mix that is capable of providing value to customers and in accordance with the goals of the organization itself, namely the advantages of an economic empowerment strategy in the variables of product (product), price (price), promotion (promotion) and location (place); (4) analysis of the company's work capabilities. Keywords: Economic Empowerment Strategy, Distributor