Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kitab Al-Akhlak Lil-Banin Tentang Interaksi Murid Terhadap Guru (Kajian Ilmu Pendidikan Islam)

Abstract

Melihat kenyataan saat ini di lingkungan sekolah bahwa interaksi murid terhadap guru banyak terjadi hal yang dianggap kurang harmonis, yaitu murid kurang menghormati guru, murid tidak menghargai gurunya, murid menyepelekan ilmu dari gurunya. Dalam mendidik anak tentunya butuh formula yang tepat. Karena hal tersebutlah peneliti tertarik untuk meneliti kitab Al-Akhlak Lil-Banin Jilid I yang pernah peneliti dapatkan pelajarannya di Madrasah Ibtidaiyah. Meskipun menggunakan bahasa Arab, kitab Al-Akhlak Lil-Banin jilid I bahasanya ringan dan sederhana sehingga mudah dipahami. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsinya nilai-nilai pendidikan dalam kitab Al-Akhlak Lil Banin tentang interaksi murid terhadap guru tersebut, yang kemudian nilai-nilai pendidikan tersebut disajikan dengan sudut pandang kajian ilmu pendidikan Islam. Metode yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang hanya menggambarkan, memaparkan dan melaporkan suatu keadaan dari objek penelitian. Penelitian jenis ini hanya ditujukan untuk melukiskan, menggambarkan dan melaporkan kenyataan-kenyataan yang terfokus pada nilai-nilai pendidikan dalam kitab Al-Akhlak Lil-Banin tentang interaksi murid terhadap guru yang ditinjau dari ilmu pendidikan Islam Dari hasil penelitian yang diperoleh, peneliti menemukan dan memfokuskan terhadap empat nilai-nilai pendidikan dalam kitab Al-Akhlak Lil-Banin tentang interaksi murid terhadap guru, yaitu nilai taat, disiplin, toleransi, mandiri. Nilai pendidikan tersebut bila dihubungkan dengan ilmu pendidikan Islam memiliki tujuan menumbuhkan kesadaran murid, agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang taat, disiplin, toleran, mandiri dalam kehidupan.