IMPLEMENTASI TATA TERTIB SEKOLAH DENGAN PEMBERIAN HADIAH DAN HUKUMAN DALAM PEMBENTUKAN KEDISIPLINAN SISWA (Studi Di SDN 2 Rancabango Kecamatan Tarogong Kaler-Kabupaten Garut)
Abstract
Abstrak Dalam pandangan Islam kedisiplinan dianggap sebagai hal yang sangat dijunjung tinggi. Artinya, disiplin itu harus selalu ditanamkan dalam hati. Dengan disiplin, segala pekerjaan yang kita lakukan dapat menuai hasil yang baik. Orang yang disiplin akan sangat tekun dalam melaksanakan setiap pekerjaan yang ia lakukan. Kedisiplinan dapat membawa seseorang menuju kesuksesan. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi tata tertib sekolah dan hadiah hukuman terhadap pembentukan kedisiplinan siswa di SDN 2 Rancabango kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif sebagai upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mencatat, mengumpulkan data, mengorganisasi data, mencari dan menentukan pola apa yang penting dan apa yang dipelajarinya yang kemudian menganalisnya ke dalam tulisan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dapat ditarik kesimpulan bahwa implementasi tata tertib sekolah serta hadiah dan hukuman berdampak terhadap kedisiplinan siswa di SDN 2 Rancabango. Pemberian hadiah yang bagus dapat menimbulkan motivasi dari dalam diri peserta didik untuk mematuhi tata tertib sekolah yang diberlakukan. Setiap anak menyukai hadiah, pemberian hadiah adalah metode yang paling ampuh agar siswa mematuhi tata tertib sekolah yang diberlakukan.Tata tertib tidak akan dipatuhi tanpa adanya hukuman hukuman yang tegas. Kata Kunci: Implementasi Tata Tertib Sekolah, Kedisiplinan