PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PELATIHAN KESADARAN DALAM MATA PELAJARAN PAI TERHADAP KESADARAN DIRI SISWA DI SMK CILEDUG AL-MUSADDADIYAH GARUT

Abstract

Kesadaran diri menjadi suatu hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, namun selama ini kesadaran diri menjadi masalah. Hal ini terlihat dari siswa yang belum memiliki kemampuan untuk mengenali perasaan dan perilaku diri; belum mengenali kelebihan dan kekurangan diri; belum mempunyai sikap mandiri; belum dapat membuat keputusan yang tepat; serta belum terampil dalam mengungkapkan pikiran, perasaan, pendapat dan keyakinan sehingga siswa tidak mempunyai motivasi yang tinggi untuk melakukan proses belajar yang lebih baik. Maka dari itu model pembelajaran pelatihan kesadaran merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan siswa. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikannya pengaruh penerapan model pembelajaran pelatihan kesadaran dalam mata pelajaran PAI terhadap kesadaran diri siswa di SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, studi dokumentasi, dan kuesioner yang dibagikan ke 27 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran diri siswa memiliki rata-rata sebesar 4,07 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 4,01-5,00 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, hal ini menunjukkan bahwa kesadaran diri siswa meningkat setelah guru menerapkan model ini dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan model pembelajaran pelatihan kesadaran dalam mata pelajaran PAI memiliki rata-rata sebesar 4,11 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 4,01-5,00 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, hal ini menunjukkan bahwa penerapan model ini menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan kesadaran diri siswa dalam belajar. Berdasarkan uji statistik “Terdapat Pengaruh” penerapan model pembelajaran pelatihan kesadaran dalam mata pelajaran PAI terhadap kesadaran diri siswa sebesar 79,22%, sedangkan variabel lain yang tidak diteliti dan mempengaruhi kesadaran diri siswa sebesar 20,78%.   Kata Kunci           : Model Pembelajaran Pelatihan Kesadaran, Kesadaran diri Siswa, Pendidikan Agama Islam