Implementasi Metode Pembelajaran demonstrasi tentang Praktik tayamum terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII-8 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap kelangsungan proses belajar mengajar pada penggunaan metode pembelajaran mata pelajaran fiqih, khususnya pada materi pembelajaran yang bersifat praktik, dimana menurut hasil observasi peneliti masih banyak peserta didik kelas VII-8 di MTsN 1 Garut yang terlihat masih kurang daya pemahamannya tentang praktik tayamum, sehingga diperlukan penerapan metode pembelajaran yang bersifat praktikum. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk; 1). Terdeskripsinya Implementasi Metode Pembelajaran demonstrasi tentang Praktik tayamum kelas VII-8 1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. 2). Terdiskripsinya Pemahaman Siswa Kelas VII-8 tentang metode demonstrasi pada praktik tayamum di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. 3). Terdeskripsinya Implementasi Metode Pembelajaran demonstrasi tentang Praktik tayamum terhadap Pemahaman Siswa Kelas VII-8 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yakni metode yang bertujuan untuk memaparkan atau menggambarkan kejadian di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data terdiri terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode demontrasi Pada Mata Pelajaran Fiqih Tentang Praktik tayamum Kelas VII-8 di MTsN 1 Garut dapat memberikan daya pemahaman dan penyerapan peserta didik dalam proses pembelajaran, khususnya kelas VII-8 di MTsN 1 Garut. Demikian temuan yang diperoleh dari penelitian ini.