IMPLEMENTASI METODE COMPUTATIONAL THINKING DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Abstract

Penurunan prestasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi suatu permasalahan sekaligus bahan evaluasi bagi guru PAI dan lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas siswa . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan mengimplementasikan computational thinking. Perumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi Metode Computational Thinking? 2) Bagaimana Peningkatan Prestasi Siswa Di Kelas X Multimedia SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut? 3) Bagaimana Implikasi Metode Computational Thinking Terhadap Peningkatan Prestasi Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ? Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan mix method (metode campuran). Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data secara kualitataif dan statistik, terdapat hasil yang menunjukkan bahwa implementasi computational thinking di kelas X multimedia menggunakan dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan algoritma, nilai t hitung pada kelompok eksperimen sebesar 1,175 > nilai t tabel 0,692 sehingga dapat disimpulkan bahwa computational thinking dapat meningkatkan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan terdapat nilai kuesioner sebesar 52% tentang persepsi siswa bahwa computational thinking merupakan metode belajar yang menyenangkan, dibandingkan dengan metode diskusi yang diperoleh melalui data kuesioner sebesar 48%.   Kata kunci: computational thinking, peningkatan prestasi siswa, pendidikan agama islam