Pengaruh Penggunaan Metode Wahdah terhadap Kemampuan Menghafal Surah Al-Fill dan Al-Lahab pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB YGP Cibatu

Abstract

Menghafal merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan saat anak berada dalam proses pembelajaran,Pembelajaran menghafal adalah suatu usaha mendidik,membimbing dan memelihara hafalan al-qur’an maka dari itu anak berkebutuhan khusus yaitu anak tunagrahita membutuhkan pembelajaran menghafal khususnya yaitu menghafal al-quran karna al-quran adalah pedoman untuk semua manusia. Penelitian ini bertujuan untuk terdeskrifsinya; (1) kemampuan siswa berkebutuhan khusus di kelas IX SLB BC YGP Cibatu dalam menghafal surat al-fiil dan al- lahab sebelum diberi perlakuan,(2) penerapan metode wahdah pada siswa berkebutuhan khusus di SLB BC YGP Cibatu dalam surat al-fiil dan al-lahab sebelum diberi perlakuan (3) pengaruh penggunaan metode wahdah pada kemampuan menghafal surat al-fiil dan al-lahab pada siswa berkebutuhan khusus kelas di IX SLB BC YGP Cibatu setelah diberi perlakuan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang menyandang tunagrahita ringan di SLB BC YGP Cibatu. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen subjek tunggal (single subject eksperiment).Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes,observasi,wawancara, dan dokumentaasi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode wahdah sangat efektif terhadap kemampuan menghafal anak sehingga skor yang didapatkan dalam setiap sehingga skor yang di dapat meningkat. Sedangkan hasil analisis data yang diperoleh dari kedua subjek pada hasil penilaian posttes untuk subjek pertama pada surah al-fiil al-lahab mendapatkan nilai 92. Untuk subjek kedua pada surah al-lahab mendapatkan nilai 88. Sedangkan untuk surah al-fiil mendapatkan nilai 80. Berdasarkan hasil penghitungan diperoleh data bahwa t hitung untuk surat Al-Lahab lebih besar daripada t tabel dengan perolehan nilai 12,04>1,000. demikian pula dengan perolehan nilai t hitung pada surat Al- fill lebih besar daripada t tabel dengan nilai 2,37>1,000. Sehingga berdasarkan perolehan nilai tersebut, mengakibatkan Ho di tolak dan Ha diterima. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh terhadap kemampuan menghafal anak berkebutuhahan khusus dengan menggunakan metode wahdah di SLB BC YGP cibatu.