PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS XI MIA 3 DI MAN 2 GARUT
Abstract
Abstrak Keadaan pendidikan sekarang pada abad ke-21 ialah pengintegrasian teknologi komputer dalam kegiatan pembelajaran. Pada saat ini proses pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaranya blended learning. Model pembelajaran ini memadukan online dan offline secara merata dalam pelaksanaan pembelajaran, dimana 50% pembelajaran offline dan 50% pembelajara online dengan model blended learning tentunya akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan;(1) pengaruh model pembelajaran blended learning pada materi Akidah Akhlak kelas XI di MAN 2 Garut, (2) prestasi belajar siswa pada materi Akidah Akhlak kelas XI di MAN 2 Garut, (3) pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi Akidah Akhlak kelas XI di MAN 2 Garut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survey yaitu dengan mengumpulkan data atau informasi tentang penomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penyebaran kuesioner ditujukan kepada 20 responden, sedangkan pengolahan data yang dilakukan melalui analisa statistika. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran blended learning dengan nilai rata-rata 4,1 dan 3,6 termasuk dalam kategori baik. Sedangkan prestasi belajar siswa pada materi Akidah Akhlak dengan nilai rata-rata 4,3 dan 3,9 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji statistika pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar siswa sebesar 44,9% Selain itu berdasarkan hasil perhitungan uji T, diperoleh data bahwa nilai t hitung sebesar 3,78 dan t tabel 1,73. Oleh karena itu, nilai t hitung > t tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh antara model pembelajaran blended learning terhadap prestasi belajar siswa pada materi Akidah Akhlak. Kata Kunci : Model Blended Learning, Prestasi Belajar Siswa