PENGARUH PENERAPAN METODE MURAJA’AH PADA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN TERHADAP KEBERHASILAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (JUZ 30) SISWA KELAS VI DI MI ROHMANIYAH SUKAWENING GARUT
Abstract
Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an merupakan salah satu sarana untuk mengembangkan potensi peserta didik dalam memahami Al-Qur’an. Adanya metode – metode dalam pembelajaran tahfidz Qur’an sangat membantu dalam proses pembelajaran agar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan, salah satunya adalah metode muraja’ah. Metode muraja’ah pada pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an merupakan metode yang dapat melatih siswa dalam membaca Al-Qur’an sesuai kaidah tajwid dan makhrojul khuruf sekaligus dapat menjaga hafalannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode muraja’ah pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di MI Rohmaniyah Sukawening Garut; (2) keberhasilan menghafal Al-Qur’an (juz 30) di MI Rohmaniyah Sukawening Garut; (3) pengaruh penerapan metode muraja’ah pada pembelajaran tahfidz Al-Qur’an terhadap keberhasilan menghafal al-Qur’an (juz 30) siswa kelas VI di MI Rohmaniyah Sukawening Garut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan mengumpulkan data atau informasi tentang fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menjukkan bahwa pengaruh metode muraja’ah terhadap keberhasilan menghafal Al-Qur’an memiliki nilai 42,52% termasuk kategori baik. Maka dari itu, berdasarkan hasil uji statistik terdapat pengaruh antara metode muraja’ah dan keberhasilan menghafal Al-Qur’an. Kata kunci : Metode Muraja’ah, Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an, Keberhasilan Menghafal Al-Qur’an.