PENGARUH MOTIVASI PRESTASI MENURUT DAVID MCCLELLAND TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS XI AKL DI SMK CILEDUG AL-MUSADDADIYAH GARUT
Abstract
Abstrak Proses pembelajaran merupakan kegiatan utama yang berlangsung di sekolah, kegiatan belajar sendiri berlangsung selama seumur hidup. Dalam mencapai hasil belajar yang maksimal dibutuhkan salah satu faktor pendukungnya yaitu motivasi. Motivasi sendiri adalah dorongan dasar yang menggerakkan seseorang bertingkah laku, tanpa adanya motivasi proses pembelajaran tidak akan mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi teori motivasi David McClelland dan mengaktualisasikannya dalam pembelajaran PAI. Teori motivasi ini berfokus pada tiga kebutuhan: kebutuhan akan prestasi, kebutuhan akan kekuasaan, dan kebutuhan akan persahabatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, dengan mengumpulkan data atau informasi tentang fenomena yang diteliti. Terdapat total 25 siswa kelas XI AKL (Akuntansi Keuangan Lembaga) yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Hipotesis awal penelitian ini yaitu r XY=0 (tidak ada pengaruh anatara motivasi David McClelland dengan prestasi akademik siswa), dan hipotesis kerja berbunyi: r XY ≠ 0 (ada pengaruh antara motivasi David McClelland dengan prestasi akademik siswa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara Motivasi prestasi menurut David McClelland terhadap prestasi akademik siswa dalam pembelajaran PAI di kelas XI AKL SMK Ciledug Al-Musaddadiyah Garut sebesar 69,75%, artinya Motivasi Prestasi Menurut David McClelland secara signifikan berpengaruh 69,75% terutama pada indikator kebutuhan akan prestasi. Kata kunci: David McClelland, motivasi, dan prestasi akademik