PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM MAPEL PAI TERHADAP KEBERHASILAN SISWA DI KELAS VIII SMPN 2 CIKAJANG

Abstract

                                 Masalah hasil belajar siswa  adalah salah satu problem yang tidak pernah habis dibicarakan di ranah pendidikan. Nilai hasil ujian akhir semester genap VIII SMPN 2 Cikajang pada MAPEL PAI dari tahun 2021-2022 pernah mengalami penurunan. Model Pembelajaran Quantum Learning adalah model yang melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status dengan memeberikan kenyamanan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan; (1) Implementasi model pemebelajaran Quantum Learning pada pelajaran (PAI); (2) keberhasilan Belajar Siswa dalam Mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIII SMPN 2 CIKAJANG; (3) Pengaruh Penerapan model pemebelajaran Quantum Learning pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VIII SMPN 2 CIKAJANG. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif inferensial, dengan mengumpulkan data atau informasi tentang fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan cara kuesioner yang disebarkan kepada 27 responden dan observasi. Hasil penelitian menjukkan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 4,19 rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00, termasuk dalam kategori sangat baik. Keberhasilan belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Cikajang memilki rata-rata sebesar 4,18 nilai rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00, termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh antara model pembelajaran Quantum learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap keberhasilan belajar siswa kelas VIII SMPN 2 Cikajang sebesar 46,71%, faktor-fakror lain yang mempengaruhi Keberhasilan Belajar siswa 53,29% namun tidak diteliti dalam penelitian ini. Demikian hasil akhir (temuan) dari penelitian ini.     Kata Kunci      : Model Pembelajaran Quantum Learning, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, Keberhasilan Belajar siswa