EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS AKHLAK SISWA KELAS VII SMPN 3 BAYONGBONG
Abstract
Penelitian ini di awali dengan adanya sikap peserta didik yang berperilaku kurang baik seperti tidak sholat, tidak disiplin, tidak jujur dan tidak bertanggung jawab. itu disebabkan belum optimalnya efektivitas pembelajaran PAI terhadap peningkatan kualitas akhlak siswa yang berakibat merosotnya akhlak siswa. gejala kemerosotan akhlak tersebut telah melanda pada semua sektor kehidupan manusia, tanpa terkecuali pada peserta didik sebagai generasi muda. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikanya (1) Kualitas Akhlak Siswa di Kelas VII SMPN 3 Bayongbong. (2) Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMPN 3 Bayongbong. (3) faktor Pendukung dan Penghambat Efektifitas Pembelajara Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa Kelas VII SMPN 3 Bayongbong. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan studi dokumentasi serta teknik analisis data dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kualitas Akhlak Siswa sudah berjalan dengan efektif, akan tetapi belum maksimal. Adapun pendekatan Guru dalam Efektivitas pembelejaran pendidikan agama islam dalam meningkatkan kualitas akhlak akhlak siswa dilakukan dengan beberapa pendekatan, diantaranya pendekatan persuasif didalam dan di luar kelas dalam artian lembaga membangun kerjasama dengan tokoh masyarakat seperti mengadakan pendidikan non formak diluar jam sekolah, pesantren kilat ramdana yang diberi taraf ketika mengikutinya, kekuasaan dan teguran yang membangun dan mengarahkan perilaku peserta didik ke hal yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran PAI, Kualitas Akhlak Siswa