NILAI EDUKATIF Q.S AL-MUMTAHANAH AYAT 7-9 TENTANG TOLERANSI (KAJIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM)

Abstract

Dalam agama Islam, Rasulullah saw merupakan teladan yang paling utama dalam kehidupan beragama, beliau memiliki toleransi yang sangat tinggi terhadap orang orang yang bersebrangan dan berbeda secara keyakinan. Penelitian ini didasari dengan  kurangnya kesadaran tentang perilaku intoleran terhadap Perbedaaan keyakinan yang menyebabkan diskrimansi dan perilaku radilakisme di Indonesia. Maka penetili mencoba menawarkan pemahaman  Ilmu Pendidikan Islam dalam Q.S Al-Mumtahanah ayat 7-9 tentang toleransi. Tujuan penelitian ini Untuk mendeskripsikan, (1) Nilai Edukatif Q.S Al-Mumtahanah Ayat 7-9 tentang Toleransi, dan (2) Nilai Edukatif yang terdapat di dalam Q.S Al-Mumtahanah Ayat 7-9 Tentang Toleransi berdasarkan Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian artikel ini adalah deskriptif analisis dengan jenis penelitian studi kepustakaan (liberary research), adapun teknik penelitian yang digunakan adalah analisis isi (konten analisis) dengan sumber data primer Al-qur’an  dan sukunder buku, jurnal, dan tafsir. Hasil  penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua aspek nilai edukatif tentang toleransi dalam Q.S Al-Mumtahanah yaitu rasa kasih sayang antara muslim dan non muslim, berbuat baik dan berlaku adil antara umat muslim dan non-muslim.     Kata Kunci   : Nilai Edukatif, Toleransi, Ilmu Pendidikan Islam