PENGARUH METODE TANYA JAWAB PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi di SD IT Bina Insan Banyuresmi Garut)

Abstract

Tidak sedikit peserta didik kesulitan dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga menyebabkan peserta didik tidak bisa memahami mata pelajaran PAI. Pelaksanaan pembelajaran di sekolah terfokus pada peran guru, dan peserta didik. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di dalam kelas, pelajaran PAI harus memilih dalam penggunaan model pembelajaran yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan. Dan salah satu model pembelajaran yang menyenangkan dan dapat melatih kemampuan peserta didik dalam memahami pelajaran PAI adalah dengan metode tanya jawab.   Tujuan penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan agama Islam. 2). Mendeskripsikan implementasi metode tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3). Mendeskripsikan pengaruh implementasi metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui sejauh mana hubungan antara penerapan metode tanya jawab (Variabel X), dengan keberhasilan proses pembelajaran (Variabel Y).   Adapun penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif metode penelitiannya menggunakan metode (kuantitatif inferensial). Adapun metode kuantitatif inferensial ialah metode untuk proses pengambilan kesimpulan penelitian berdasarkan pada data sampel dengan jumlah yang lebih sedikit supaya kesimpulan yang dihasilkan bersifat lebih umum untuk sebuah populasi dan penelitian berkaitan dengan penjelasan atau penjabaran angka-angka statistik .   Hasil penelitian menjukkan bahwa penerapan metode tanya jawab di SDIT Bina insan Banyuresmi dapat dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara variabel (X) Metode tanya jawab terhadap variabel (Y) hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI di SDIT Bina Insan Banyuresmi tahun ajaran 2021/2022. Dikonsultasikan dengan harga Ftabel pada taraf signifikan 5% yaitu 4,17 karena Freg =12,868 ➤ Ft = 4,17 maka signifikan, dan sebesar 30,01% sedangkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa 69,99% namun tidak diteliti dalam penelitian ini.   Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam, Metode Tanya Jawab, Keberhasilan Belajar siswa