ANALISIS KARAKTER RELIGIUS DALAM KITAB TA’LIIM AL-MUTA’ALLIM KARYA IMAM AL-ZARNUJI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER (Kajian Ilmu Pendidikan Islam)

Abstract

Krisis akhlak di kalangan siswa seperti penyalahgunaan narkoba, perundungan, plagiarisme, dan kekerasan seksual membuat para peneliti pendidikan Islam harus terus melakukan kajian-kajian mendalam terhadap sumber-sumber rujukan nilai religiusitas yang ditulis oleh para ulama.  Hasil kajian ini dibutuhkan untuk memperkuat fondasi konseptual yang selanjunya bisa ditawarkan untuk menjadi solusi dari masala-masalah akhlak tersebut. Kitab Ta’liim Al-Muta’allim adalah salah sumber rujukan tertulis yang kental dengan nilai-nilai religiusitas yang bisa menjadi alternatif konseptual bagi penyelesaian masalah akhlak saat ini.  Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikannya nilai-nilai karakter religius dalam Kitab Ta’liim Muta’allim dan implikasinya terhadap pendidikan karakter. Penelitian ini termasuk riset kepustakaan (library research) dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan datanya menggunakan studi kepustakaan selanjutnya dilakukan analisis bacaan dengan menggunakan metode analisis isi (content analysis). Sumber data utama adalah teks Kitab Ta’liim Al-Muta’allim dan sumber data pelengkap adalah buku, jurnal, dan sumber tertulis lainnya sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat nilai-nilai karakter religius dalam Kitab Ta’liim Muta’allim, yaitu yang digali dari lima pokok bahasan. Kelima pokok bahasan itu adalah Niat saat Belajar, memilih Guru dan Teman, Mengagungkan Ilmu dan Ahli Ilmu, Bertawakal, dan Wara’ ketika Belajar. Nilai-nilai karakter religius yang terdapat dalam kelima pokok bahasan ini mampu meningkatkan sikap kasih sayang, toleran, dan menjaga amanah keagamaan siswa. Ketiga sikap ini mampu mengatasi masalah-masalah karakter siswa.     Kata Kunci : Karakter Religius, Pendidikan Karakter, Ilmu Pendidikan Islam