PENGARUH PENGGUNAAN METODE MENGAJAR BERVARIASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMK CILEDUG AL-MUSADDADIYAH GARUT

Abstract

Prestasi belajar ini masih menjadi masalah karena  : kurangnya perhatian siswa terhadap materi yang disampaikan, siswa bersifat acuh tak acuh, dan siswa bersifat pasif. Maka dari itu metode mengajar bervariasi merupakan solusi yang tepat untuk memecahkan permasalahan siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh Penggunaan Metode Bervariasi dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, studi dokumentasi, dan kuesioner yang dibagikan ke 20 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini, sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis data statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mengajar bervariasi memiliki rata-rata sebesar 4,00 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 4,01-5,00 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, hal ini menunjukkan bahwa metode mengajar bervariasi meningkat setelah guru menerapkan metode mengajar bervariasi ini dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan prestasi belajar siswa  dalam mata pelajaran PAI memiliki rata-rata sebesar 4,09 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 4,01-5,00 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode ini menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar. Berdasarkan uji statistik “Terdapat Pengaruh” penggunaan metode bervariasi dalam mata pelajaran PAI terhadap prestasi belajar siswa sebesar 47,59%, sedangkan variabel lain yang tidak diteliti dan mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 52,40%.     Kata kunci : Metode Mengajar Bervarisi, Prestasi Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam