KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DALAM AL-QUR’AN SURAT AL-HUJURAT AYAT 13 KAJIAN ILMU PENDIDIKAN ISLAM

Abstract

  Dewasa ini khususnya di Indonesia sistem Pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah merupakan adopsi system Pendidikan barat, Sehingga dalam pengembangan karakter peserta didik masih jauh dalam membentuk karakter manusia dalam nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Sunnah, Khususnya dalam penerapan konsep pendidikan humanistik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Konsep Pendidikan Humanistik dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Bertitik tolak dari kerangka pemikiran atau teori yang menyatakan bahwa Pendidikan Humanistik adalah pendidikan yang mengajarkan bahwa setiap manusia itu mempunyai perbedaan satu sama lain yang bertujuan memanusiakan manusia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan jalan melakukan penelitian terhadap penafsiran para mufasir terhadap Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dan sumber-sumber tertulis tentang konsep pendidikan humanistik yang dikemukakan oleh para cendikiawan atau oleh para ulama. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode kualitatif dengan berfokus pada analisis konten Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13 dan isi teks buku buku.. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Pendidikan humanistik Q.S Al-Hujurat Ayat 13 dalam bingkai Ilmu Pendidikan Islam, merupakan suatu sistem pendidikan manusia yang unik, mandiri, dan kreatif. Memandang manusia sebagai manusia yaitu makhluk ciptaan Tuhan dengan fitrah-fitrah tertentu, dan membangun karakter manusia dalam diri manusia yang menghargai harkat dan martabat manusia sebagai makhluk yang paling sempurna.     Kata kunci: Pendidikan,Al-Qur’an, Tafsir dan Humanistik