IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN FIQIH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI MEMANDIKAN JENAZAH (Studi di Kelas IX 1 MTsN 1 GARUT)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap kelangsungan proses belajar mengajar pada peningkatan pemahaman siswa dalam mata pelajaran fiqih, khususnya pada materi pembelajaran yang bersifat praktik, dimana menurut hasil observasi masih banyak siswa kelas IX di MTsN 1 Garut yang terlihat masih kurang daya pemahamannya tentang praktik memandikan jenazah, sehingga diperlukan penerapan metode pembelajaran yang bersifat praktikum. Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk; 1). Terdiskripsikannya Pemahaman Siswa Kelas IX 1 terhadap Praktik Memandikan Jenazah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. 2). Terdeskripsikannya Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing tentang Praktik Memandikan Jenazah Kelas IX 1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. 3). Terdeskripsikannya Implementasi Metode Pembelajaran Role Playing tentang Praktik Memandikan Jenazah terhadap Pemahaman Siswa Kelas IX 1 di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Garut. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, yakni metode yang bertujuan untuk memaparkan atau menggambarkan kejadian di lapangan. Disamping itu, didukung pula oleh metode library research (kajian putaka). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer ; pengamatan proses pembelajaran dan praktikum memandikan jenazah yang berlangsung di MTsN 1 Garut dan sumber sekunder ; buku-buku atau bahan bacaan lainnya yang berhubungan langsung dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran Fiqih dan Implikasinya terhadap Pemahaman Siswa mampu memenuhi 4 dari 7 indikator pemahaman yang ada. Demikian temuan yang diperoleh dari penelitian ini. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Role Playing, Mata Pelajaran Fiqih, Pemahaman Siswa