STRATEGI PEMBELAJARAN COMPUTATIONAL THINKING DALAM MENINGKATKAN CAPAIAN BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM MATERI AKHLAK MATA PELAJARAN PAI DI KELAS X MULTIMEDIA SMK PLUS SUKARAJA

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi siswa kelas x multimedia SMK Plus Sukaraja yang kesulitan dalam menerima materi khususnya pada mata pelajaran PAI, karena siswa lebih memfokuskan pada materi pelajaran produktif yang sesuai dengan jurusan, sehingga terdapat penurunan kognitif siswa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran PAI, serta guru juga mengalami kesulitan menghadapi siswa yang kurang fokus dalam belajar dan tidak memperhatikan apa yang guru sampaikan. Dengan begitu dalam proses pembelajaran guru menerapkan strategi melalui pendekatan computational thinking. Penelitian ini lebih memfokuskan pada strategi pembelajaran computational thinking dalam meningkatkan capaian belajar kognitif siswa pada materi akhlak mata pelajaran PAI. Adapun tujuan penelitian yang telah terdeskripsikan (1) capaian belajar kognitif siswa dalam materi akhlak mata pelajaran PAI Kelas x Multimedia di SMK Plus Sukaraja, (2) strategi pembelajaran computational thinking dalam materi akhlak mata pelajaran PAI di SMK Plus Sukaraja, (3) strategi pembelajaran computational thinking dalam meningkatkan capaian belajar kognitif siswa dalam materi akhlak mata pelajaran PAI di SMK Plus Sukaraja. Sedangkan metode yang digunakan untuk menemukan jawaban dari pertanyaan penelitian tersebut adalah metode lapangan dengan pendekatan kualitatif diskriptif. Analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan secara umum bahwa strategi pembelajaran computational thinking dapat meningkatkan capaian belajar kognitif siswa, ditandai dengan keaktifan siswa dikelas lebih banyak bertanya, menjadi lebih fokus dalam belajar dan dari pengetahuan kognitif siswa dalam memecahkan masalah melalui hasil evaluasi menjadi lebih baik.     Kata kunci: computational thinking, capaian belajar kognitif, pendidikan agama islam