STRATEGI PEMBELAJARAN PENGENDALIAN DIRI DALAM MENINGKATKAN KARAKTER TAWADHU PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP CILEDUG AL MUSADDADIYAH GARUT

Abstract

Karakter tawadhu  menjadi suatu hal yang sangat penting dimiliki terutama bagi peserta didik di lingkungan sekolah. Namun selama ini di kalangan peserta didik karakter tawadhu masih kurang, Diantaranya masih banyak peserta didik berbicara tidak santun, tidak patuh pada nasihat guru dan orang tua, tidak rajin belajar dan masih ada yang berpakaian tidak rapi. Maka Strategi Pembelajaran Pengendalian Diri merupakan salah satu alternatif solusi yang tepat untuk meningkatkan karakter tawadhu peserta didik. Tujuan penelitian ini terdeskripsikannya karakter tawadhu peserta didik, strategi pembelajaran pengendalian diri, dan implikasi strategi pembelajaran pengendalian diri pada mata pelajaran PAI terhadap karakter tawadhu peserta didik di SMP Ciledug Al Musaddadiyah Garut. Jenis penelitian yang peneliti gunakan merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi kepada kepala sekolah, guru PAI, guru BP dan peserta didik, sedangkan teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMP Ciledug Al Musaddadiyah Garut ini setelah menggunakan strategi pembelajaran pengendalian diri yang dilakukan oleh kepala sekolah, guru dan pembiasaan-pembiasaan yang positif di lingkungan sekolah seperti shalat dhuha bersama, hafalan Juz 30, pemberian nasihat-nasihat tentang pentingnya karakter tawadhu, hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi ini menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan karakter tawadhu peserta didik di lingkungan sekolah. Jika dipersenkan maka sekitar 75%.   Kata kunci: Strategi Pembelajaran Pengendalian Diri, Karakter tawadhu dan Mata Pelajaran PAI