PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN SIKAP GOTONG ROYONG SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TAROGONG KALER
Abstract
Sikap gotong royong adalah suatu sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya terdapat masalah seperti kurangnya kebersamaan, rendahnya dalam membantu teman serta rendahnya proses dalam bertukar fikiran siswa dalam proses pembelajaran. Dampak yang terjadi jika siswa tidak memiliki sikap gotong royong, siswa akan mementingkan diri sendiri dan kurang respon serta kurang empati terhadap situasi dan kondisi sosialnya. Ada banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sikap gotong royong pada siswa. Salah satunya solusi untuk meningkatkan sikap gotong royong adalah dengan model pembelajaran investigasi kelompok. Model pembelajaran ini menekankan proses pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok yang dapat melatih siswa belajar secara berkelompok untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama.Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap peningkatan sikap gotong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Dengan demikian, untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok (Variabel X), dengan sikap gotong royong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Variabel Y). Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data ialah dengan cara kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data menggunakan analisis data statistik. Hasil penelitian , Fhitung > Ftabel yaitu 13,664 > 4,10 maka keputusan yang diambil adalah H0 ditolak maka H1 diterima, artinya variabel independen (X) yaitu model pembelajaran investigasi kelompok berpengaruh terhadap variabel dependen (Y) sikap gotong royong siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran investigasi kelompok terhadap peningkatan sikap gotong royong siswa sebesar 26,4% dan 73.6% sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Kata Kunci : Model Pembelajaran Investigasi Kelompok, Sikap Gotong Royong Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.