PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi di Kelas Visual MTs Al-Rohmah Karangpawitan Garut)

Abstract

Hasil Belajar Kognitif merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pembelajaran yakni untuk mengetahui sejauhmana kemampuan belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Namun masih banyak peserta didik yang rendah dalam hasil belajar salah satunya dari aspek kognitif. Banyaknya kegagalan peserta didik dalam hasil belajar kognitif disebabkan ketidaksesuaian gaya mengajar guru dengan gaya belajar peserta didik sehingga berdampak kepada hasil belajar. Maka dari itu gaya belajar visual merupakan solusi yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar kognitif. MTs Al-Rohmah merupakan madrasah yang menerapkan pilihan gaya belajar visual, hal ini dilakukan agar peserta didik mampu menyerap dan mengolah informasi dengan mudah serta mendapatkan hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikannya pengaruh gaya belajar visual terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Kelas Visual MTs Al-Rohmah Karangpawitan Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden. Pengolahan data dilakukan dengan analisis data statistik. Hasil penelitian mengenai gaya belajar visual terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Aklak di MTs Al-Rohmah, menunjukan bahwa hasil belajar kognitif sebesar 4.09 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Sedangkan gaya belajar visual memiliki rata-rata sebesar 4,15 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil uji hipotesis menyatakan bahwa gaya belajar visual berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 69,55% sedangkan epsilon yang mempengaruhi hasil belajar kognitif sebesar 30,45% Kata Kunci      : Gaya Belajar Visual, Hasil Belajar Kognitif , Mata Pelajaran Aqidah Akhlak