PENDIDIKAN NILAI-NILAI MULTIKUTURAL DALAM AL-QUR’AN SURAT AR-RUM AYAT 22 DAN AL-HUJURAT AYAT 13
Abstract
Kemajemukan masyarakat dengan keragamannya, meniscayakan terwujudnya situasi dimana elemen-elemen masyarakat bersikap toleran, bisa sama-sama menghormati serta sama-sama menghargai perbedaan satu sama lain dengan posisi yang sederajat. Bila tidak, hal ini dapat menyebabkan gesekan satu sama lain dan menyebabkan konflik dan disintegrasi. Sejauh ini, nalar kolektif masyarakat tentang nilai multikultural kebangsaan masih terkooprasi oleh logosentris dengan hegemonic yang syarat dengan prasangka, kecurigaan, kebencian, dan reduksi terhadap kelompok yang berada di luar darinya. Akibatnya, ikatan-ikatan sosial melalui kolektifitas dan kerjasama hanya berlaku di dalam kelompoknya sendiri, tidak berlaku bagi kelompok lain.Tujuan umum penelitian ini adalah tercapainya pokok permasalahan (1) Untuk Mengetahui nilai-nilai multikultural dalam Al-Qur’an (2) Untuk mengetahui pendidikan multikultural dalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis kepustakaan dengan metode yang digunakan adalah metode analitis komparatif. Metode analitis komparatif digunakan untuk menganalisa nilai-nilai multikultural, dan digunakan untuk membandingkan pendapat para mufasir tentang ayat-ayat mengenai nilai-nilai multikultural. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan multicultural adalah suatu pembelajaran yang orietasinya mengakui keberagaman, perbedaan, dan kemajemukan, ras, budaya, dan bahasa. Juga suatu usaha untuk membangun dan menciptakan lingkungan pendidikan yang setara untuk seluruh siswa/i sebagai sebuah gerakan pembaharuan. Kata Kunci : Nilai Multikultural, Al-Qur’an Surat Al Ruum: 22 , Al-Hujurat: 13