PENGARUH KETERAMPILAN MENULIS HURUF ARAB TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA MATA PELAJARAN BTQ

Abstract

Membaca dan menulis merupakan dua keterampilan dasar yang harus dikuasai siswa dalam proses pembelajaran terutama dalam mata pelajaran BTQ. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh keterampilan menulis huruf Arab terhadap kemampuan siswa  dalam membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ kelas VII di MTs Al-Ashdariyah Pakenjeng Garut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan penelitian yaitu 1) terdeskripsikannya keterampilan siswa dalam menulis huruf Arab pada mata pelajaran BTQ di kelas VII MTs Al-Ashdariyah 2) terdeskripsikannya  kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ di kelas VII MTs Al-Ashdariyah 3) terdeskripsikannya pengaruh keterampilan menulis huruf Arab terhadap  kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ di kelas VII MTs Al-Ashdariyah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode korelasional. Tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan studi dokumentasi. Sedangkan pengolahan data dilakukan melalui analisis data statistik.  Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keterampilan menulis huruf Arab pada mata pelajaran BTQ memiliki rata-rata sebesar 3,62 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00 termasuk dalam kategori “baik”. Sedangkan kemampuan membaca Al-Qur’an memiliki rata-rata sebesar 3,11 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 3,01-4,00 termasuk pada kategori “baik”. Berdasarkan hasil uji statistik terdapat pengaruh keterampilan menulis huruf Arab sebesar 53,29% terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran BTQ kelas VII di MTs Al-Ashdariyah dan 46,71% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Proses Pembelajaran, Huruf Arab