EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PAI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PELATIHAN KESADARAN DIRI SISWA

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang berdaya hasil karena kesadaran diri siswa untuk mengikuti pembelajaran rendah. Hal ini ditandai dengan kurangnya ketercapaian tujuan pembelajaran dan masih adanya siswa yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pembelajaran PAI. Kesadaran diri menjadi suatu hal yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, namun selama ini kesadaran diri menjadi masalah utama bagi siswa.  Tujuan penelitian ini adalah terdeskripsikannya efektivitas pembelajaran PAI dengan menggunakan model pembelajaran kesadaran diri. Diharapkan akan adanya dampak positif penggunaan model tersebut dalam meningkatkan kesadaran diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik.  Metode ini dipilih karena tujuannya untuk mengumpulkan fakta dan data yang disertai penafsiran. Pengumpulan data primer dan skunder dilakukan dengan terjun ke lapangan secara langsung dengan menggunakan teknik kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik validasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran pelatihan kesadaran diri siswa berdampak positif tehadap efektivitas pembelajaran PAI. Hal ini terjadi karena guru melakukan pemilihan materi ajar yang substantif, metode yang tepat, dan media pembelajaran yang fungsional. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran PAI, Model Pembelajaran Pelatihan Kesadaran Diri