IMPLIKASI KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi peneliti yaitu adanya peningkatan kesalehan sosial peserta didik dalam satu sekolah. Peningkatan tersebut terjadi dengan adanya peranan guru. Peran guru tersebut tidak dapat dilepaskan dari kompetensi guru, salah satunya kompetensi kepribadian. Seorang guru untuk mendidik dan membentuk siswa yang memiliki akhlakul karimah dalam mencapai peningkatan kesalehan tersebut harus memiliki kompetensi kepribadian yang baik. Tujuan daripada penelitian ini adalah: 1) Terdeskripsikannya Kesalehan Sosial Peserta Didik Di SMP Plus Miftahul Hidayah, 2) Terdeskripsikannya Kompetensi Kepribadian Guru PAI Di SMP Plus Miftahul Hidayah, 3) Terdeskripsikannya Implikasi Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Peningkatan Kesalehan Sosial Peserta Didik Di SMP Plus Miftahul Hidayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif,. Disamping itu, didukung pula oleh metode kajian pustaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber primer ; hasil wawancara proses pembelajaran terhadap guru  PAI SMP Plus Miftahul Hidayah dan sumber sekunder ; buku-buku atau bahan bacaan lainnya yang berhubungan langsung dengan penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data terdiri terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya kompetensi kepribadian guru berimplikasi terhadap peningkatan kesalehan sosial peserta didik. Karena dengan kompetensi kepribadian guru yang baik maka akan terjadi peningkatan kesalehan sosial peserta didik.  Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian Guru PAI, Kesalehan Sosial