PENGARUH KEGIATAN SHALAT DHUHA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH AL MUSADDADIYAH GARUT

Abstract

Globalisasi yang terjadi saat ini menjadikan anak susah dalam melaksanakan ibadah, kurang hormat terhadap sesama, dan mudah terpengaruh oleh budaya luar sehingga menyebabkan masalah yang terjadi dengan karakter siswa. Padahal pendidikan karakter merupakan suatu pondasi bangsa yang sangat penting dan perlu ditanamkan sejak dini kepada anak. Kenyataan ini terjadi dilapangan sekolah yaitu penyimpangan moral siswa diantaranya, anak selalu kurang disiplin dan kurang memiliki rasa tanggung jawab, contohnya tidak mengikuti shalat dhuha sesuai dengan ketentuan sekolah, terlambat datang ke sekolah, tidak memakai seragam sekolah, siswa tidak mengerjakan  (PR), kurang mematuhi tata tertib sekolah, mencoret-coret bangku, tidak berpakaian rapih, menyerahkan tugas tidak tepat waktu, didalam kelas selalu mengganggu teman, sering adanya perkelahian antar teman. Oleh karena itu, salah satu yang diterapkan adalah pembentukan karakter disiplin siswa melalui kegiatan shalat dhuha sebagaimana guru telah mengonsep pembentukan karakter disiplin untuk meningkatkan kepribadian siswa dan meningkatkan kedisiplinan siswa melalui kegiatan shalat dhuha. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Terdiskripsikannya pelaksanaan kegiatan shalat dhuha di MA Al-Musaddadiyah Garut. 2) Terdiskripsikannya karakter disiplin siswa kelas XI di MA Al-Musaddadiyyah Garut. 3) Terdiskripsikannya pengaruh pelaksanaan kegiatan shalat dhuha terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas XI di MA Al-Musaddadiyah Garut .Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Metode Kuantitatif Inferensial, sehingga akan diperoleh  hubungan antara Variabel Bebas (Shalat Dhuha) dengan Variabel Terikat (Karakter Disiplin Siswa), subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di MA Al-Musaddadiyah Garut yaitu sebanyak 34 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh kegiatan shalat dhuha sebesar 4,37 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 4,01-5,00, termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan karakter disiplin siswa kelas XI di MA Al-Musaddadiyah Garut memiliki rata-rata sebesar 4,42 dengan demikian rata-rata tersebut berada pada daerah interval 4,01-5,00, termasuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan uji statistik terdapat pengaruh shalat dhuha terhadap pembentukan karakter disiplin siswa sebesar 47.91%, sedangkan faktor-fakror lain yang mempengaruhi pembentukan karakter disiplin  siswa sebanyak 53,09% namun tidak diteliti dalam penelitian ini.  Kata kunci: Pelaksanaan Shalat Dhuha, pembentukan Karakter Disiplin Siswa.