PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terhadap rendahnya sikap religius siswa di sekolah di karenakan banyaknya budaya asing yang berpengaruh buruk terhadap perkembangan karakter religius siswa, sehingga diperlukan penguatan karakter pada siswa dalam proses pembelajaran sejarah kebudayaan Islam (SKI). Tujuan dari penelitian ini adalah terdeskripsikannya penanaman nilai-nilai karakter religius siswa, pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, dan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai karakter religius siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas XI di MAN 1 Garut, jenis penelitian yang peneliti gunakan merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif analitis, teknik yang di gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan juga studi dokumentasi kepada kepala sekolah, guru SKI, dan peserta didik kelas XI di MAN 1 Garut. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  penanaman nilai-nilai karakter religius siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam yaitu dengan metode pembiasaan-pembiasaan, mengawali pembelajaran dengan membaca do’a dan membaca Al-quran, metode keteladanan yaitu dengan meneladani karakter para tokoh sejarah, faktor pendukungnya yaitu adanya pengawasan kegiatan pembelajaran, keteladanan dari guru, kepala sekolah, orang tua, kurikulum serta kemauan peserta didik untuk belajar sejarah kebudayaan Islam, faktor penghambat datang dari dua faktor, diri sendiri (intern), seperti siswa malas belajar, mengantuk dan menyalahgunakan handphone. Dan juga faktor luar (ekstern), pertama keluarga yaitu (kurangnya perhatian dari orang tua kepada anaknya), kedua lingkungan madrasah, (pengaruh dari pergaulan teman sebaya).  Kata kunci: Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam