IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS SISWA
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena sosial budaya, tindak kekerasan dikalangan remaja, pergaulan yang mengarah pada seks bebas, serta penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif lainnya. Menyikapi permasalahan moral remaja ini, pemerintah memberikan kurikulum merdeka, yang memungkinkan pembelajaran disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui implementasi merdeka belajar dalam mata pelajaran PAI untuk meningkatkan sikap religius siswa di SMPIT Al-Masduki Tarogong Kidul. Penelitian kualitatif deskriptif ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) SMP IT Al-Masduki menawarkan berbagai program untuk meningkatkan kecerdasan religius siswa; takhashush tahfidz al-Qur'an, pelatihan keterampilan pemimpin, pelatihan keterampilan komunikasi internasional, dan program pembentukan karakter dan pembelajaran nilai. 2) Kurikulum merdeka di SMP IT Al-Masduki mendukung pendekatan bakat dan minat dalam proses pembelajarannya, yang dilakukan lebih fleksibel dan berkonsentrasi pada materi penting dan pengembangan karakter siswa. 3) Penggunaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan sikap religius siswa pada mata pelajaran PAI di SMP IT Al-Masduki menggabungkan kurikulum nasional dan internasional. Serta implementasi aspek religius siswa SMP IT Al-Masduki yang diterapkan yaitu aspek keyakinan, aspek peribadatan, aspek penghayatan, aspek pengetahuan, serta aspek pengamalan. Kata Kunci: Implementasi Merdeka Belajar, Sikap Religius