PENERAPAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONS (TPR) MELALUI KEGIATAN GERAK LAGU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK ANAK USIA DINI KELOMPOK A DI RA MA’ARIF AL-IKHLAS
Abstract
Berdasarkan observasi awal dan wawancara, ditemukan beberapa permasalahaan yang berpengaruh terhadap terhambatnya perkembangan motorik, diantaranya penerapan metode yang kurang bervariatif, stimulus yang kurang maksimal, dan kegiatan yang diberikan oleh guru membuat respon anak kurang dan pembelajaran menjadi membosankan. Maka penggunaan metode, strategi dan pendekatan yang tepat sangat diperlukan, salah satunya dengan menggunakan metode Total Physical Respons (TPR) adalah metode yang diciptakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak, selain itu metode ini juga bisa meningkatkan kemampuan motorik anak karena metode ini terdiri dari tiga unsur yaitu ucapan, perintah dan gerak. Untuk memaksimalkan stimulus yang diberikan, metode ini digabungkan dengan kegiaan gerak lagu, merupakan aktivitas bernyanyi yang diiringi dengan gerakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik anak usia dini kelompok A di RA Ma’ arif Al- Ikhlas dengan penerapan metode Total Physical Respons (TPR) melalui kegiatan gerak lagu. Jenis kegiatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) design Kemmis dan Tagart, dengan menggunakan metode kualitatif konstruktif dan kuantitatif deskriptif. Observasi, wawancara dan dokumentasi dilakukan untuk teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah perkembangan motorik anak dengan objek 13 anak yang terdiri dari 4 perempuan dan 9 laki laki. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan motorik anak, dari hasil observasi awal 31% kategori anak berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik menjadi 36% kemudian 58% pada Siklus I. pada Siklus II peningkatan sangat cepat mulai dari 65% lalu 77%, kemudian 88% di pertemuan ke3. Hal ini menunjukan signifikasi penerapan metode Total Physical Respons (TPR) melalui kegiatan gerak lagu dalam meningkatkan kemampuan motorik anak.