IMPLEMENTASI POLA ASUH DEMOKRATIS DALAM MENDORONG KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (Tk Darul-Arqom Di Desa Tanjung Anom Kecamatan Samarang Kabupaten Garut)
Abstract
Orang tua selalu mengharapkan anaknya dapat berkembang secara sempurna, mereka menginginkan anaknya kelak menjadi anak yang berakhlaqul karimah, mandiri, kuat, berkepribadian, kreatif, cerdas serta taat terhadap ajaran agamanya. Untuk mencapai keinginan tersebut orang tua tentu mempunyai peran utama sebab orang tua sebagai pendidik utama (Al ummah madrhosatul ula) dan merupakan suri tauladan bagi anak sebelum anak mengenal pendidikan di luar keluarganya. Pola asuh yang relevan dapat menstimulus perkembangan kemandirian anak. Lake Crouter & McHale mengungkapkan bahwa kemandirian diakui sebagai pendidikan perkembangan yang sangat penting. Kemandirian tidak tumbuh begitu saja, tetapi membutuhkan proses yang berkesinambungan hal tersebut menunjukan bahwa kemandirian perlu ditanamkan sejak usia dini. Mengingat bahwa kemandirian sangat penting dalam kehidupan dimasa datang karna tiada kata terlambat selagi orangtua mau mengubah cara/pola pengasuhan demi perkembangan anak-anaknya. Pola asuh demokratis sangat relevan dalam mendorong kemandirian anak usia 4-5 Tahun, perilaku kemandirian anak tersebut dihasilkan karena orangtua yang menerapkan pola asuh demokratis yang menggunakan komunikasi dua arah (two ways comunication). Implementasi pola asuh demokratis sangat membantu dalam mendorong kemandirian anak usia 4-5 Tahun di Tk Darul-Arqom Desa Tanjung Anom Kecamatan Samarang, orangtua demokratis menunjukan ekspresi penuh cinta dan tanggap kepada anak-anaknya anak diberi kebebasan yang bertanggung jawab dengan penuh pengawasan. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kemandirian anak-anak usia 4-5 Tahun, mengetahui bentuk pola asuh demokratis dalam mendorong kemandirian anak usia 4-5tahun, mengetahui implementasi pola asuh demokratis dalam mendorong kemandirian anak usia 4-5 Tahun. Kata Kunci : Implementasi Pola Asuh Demokratis, Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun