PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK MELALUI DIALOGIC READING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA MANARUL FALAH PAKENJENG

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini adalah anak belum mampu untuk menceritakan kembali cerita dengan gaya bahasanya sendiri, hal tersebut terdapat pada permendikbud no 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini di standar isi tentang tingkat pencapaian perkembangan anak dalam lingkup perkembangan bahasa poin B yaitu mengungkapkan bahasa pada usia 5-6 tahun bagian 3 yaitu berkomunikasi secara lisan, memiliki pembendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak menggunakan media big book melalui dialogic reading pada anak usia dini kelompok B di RA Manarul Falah Pakenjeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B RA Manarul Falah Pakenjeng. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan kemampuan. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media big book melalui dialogic reading dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini kelompok B di RA Manarul Falah Pakenjeng. Hasil penelitian ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Persentasenya 58,333%  pada siklus I dan 83,333% pada siklus II. Dari data yang diperoleh, terlihat jelas bahwa penggunaan media big book melalui dialogic reading dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada anak usia dini kelompok B di RA Manarul Falah Pakenjeng.   Kata kunci: keterampilan berbicara, media big book, dialogic reading