PENGEMBANGAN KOMUNIKASI ANAK MELALUI DIALOGIC READING PADA KELOMPOK B USIA (5-6 TAHUN) DI RA NURUL FALAH KECAMATAN GARUT KOTA
Abstract
Salah satu yang menjadi peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak adalah komunikasi. Di sekolah guru menggunakan komunikasi sebagai suatu alat interaksi yang mana guru sebagai komunikator dan siswa sebagai komunikan atau sebaliknya. Peneliti menyadari adanya permasalahan tentang perkembangan komunikasi anak yang belum maksimal. Dari 15 anak usia 5-6 tahun ada 13 anak yang belum berani berkomunikasi dengan teman maupun guru. Ketika bermain anak hanya diam dan belum mengkomunikasikan keinginan anak terhadap teman atau guru. Saat kegiatan kelompok, bermain bersama anak juga terlihat fasif. Permasalahan dari penelitian ini adalah apakah dengan Dialogic Reading dapat mengembangkan komunikasi pada kelompok B RA Nurul Falah Garut Kota Kecamatan Garut kota. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengembangan komunikasi anak kelompok B di RA Nurul Falah Garut Kota. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelompok B RA Nurul Falah garut Kota. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menghitung pencapaian hasil belajar tiap siklus dengan ditantai peningkatan kemampuan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Dialogic Reading dapat mengembangankan komunikasi anak pada kelompok B RA Nurul Falah Garut Kota. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I di peroleh persentase 26,67% anak yang berkembang sangat baik (BSB) dan pada siklus II diperoleh persentase sebesar 73,33% anak yang berkembang sangat baik (BSB). Dari data yang diperoleh dengan Dialogic Reading dapat mengembangkan komunikasi anak pada kelompok B di RA Nurul Falah Garut Kota. kata Kunci : Pengembangan Komunikasi, Dialogic Reading