MENINGKATKAN PEMAHAMAN LITERASI FINANSIAL ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN METODE TALKING STICK PADA KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK ARRAHMAN TANJUNGSARI
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman literasi finansial kelompok B TK Arrahman Tanjungsari Tahun Ajaran 2022/2023 masih tergolong rendah dengan persentase 88% dari total 17 orang anak belum memahami literasi finansial. Dianntaranya 9 anak belum berkembang (BB), 6 anak mulai berkembang (MB), dan hanya 2 anak berada pada kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode talking stick terhadap peningkatan pemahaman literasi finansial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan prosedur perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman literasi finansial anak meningkat di setiap siklusnya. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan metode talking stick dapat meningkatkan pemahaman literasi finansial anak usia dini pada anak kelompok B di TK Arrahman Tanjungsari. Hal ini ditandai dengan peningkatan persentase keberhasilan anak yang awalnya 12%, meningkat pada siklus I menjadi 18%, siklus II meningkat menjadi 36%, dan pada siklus III menjadi 70%. Kata kunci : Literasi Finansial; Metode Talking Stick; Pendidikan Anak Usia Dini