MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN UNO 2 KARTU DI TK.AR-RAHIM GARUT

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkatan kecerdasan logis-matematis anak usia 5-6 tahun di TK.AR-Rahim Garut yang belum berkembang secara optimal sesuai dengan beberapa indikator perkembangan kognitif yaitu berpikir simbolik dalam STPPA. Maka, masalah dalam penelitian ini adalah apakah permainan UNO 2 Kartu dapat meningkatkan kecerdasan logis-matematis anak usia 5 -6 tahun di TK.Ar-Rahim Garut. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perkembangan kecerdasan logis-matematis di TK.AR-Rahim Garut, bagaimana penerapan permainan UNO 2 Kartu di TK.Ar-Rahim Garut, dan bagaimana peningkatan kecerdasan logis-matematis di TK.Ar-Rahim Garut melalui permainan UNO 2 Kartu. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Taggart. Dalam penelitian ini sebanyak 13 orang anak menjadi subjeknya. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dimana setiap sikusnya terdiri dari tiga pertemuan dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi serta menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kecerdasan di TK.Ar-Rahim Garut pada prasiklus memperoleh nilai rata-rata 37 dengan presentase ketuntasan 15% yaitu 2 orang anak, kemudian pada siklus I nilai rata-rata 59 dengan presentase ketuntasan 62% yaitu 8 orang anak dan siklus II nilai rata-rata 80 dengan presentase ketuntasan 92% yaitu 12 orang anak.  Kata kunci: Kecerdasan Logis-Matematis, Bermain, Permainan UNO 2 Kartu