PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI PADA ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK-KANAK DARUL HIKMAH MELALUI KEGIATAN APRESIASI KARYA SENI RUPA ANAK
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam sikap toleransi. Masalah ini terjadi pada kelompok A di TK Darul Hikmah, diantaranya anak belum mampu menghargai hasil karya temannya, belum mampu mendengarkan temannya yang sedang berbicara, dan belum mampu memberikan kesempatan berbicara kepada temannya. Faktor penyebabnya yaitu kurangnya apresiasi terhadap hasil karya anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sikap toleransi pada anak kelompok A di Taman Kanak-Kanak Darul Hikmah melalui kegiatan apresiasi karya seni rupa anak. Metode yang diambil yaitu metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis MC dan Taggart, dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang peneliti gunakan adalah deskripsif kualitatif dengan presentasi. Hasil penelitian dilaksanakan 2 kali pertemuan, pada siklus I nilai rata-rata 49 dengan persentasi ketuntasan 60% dari 20 orang anak. Sedangkan siklus II nilai rata-rata 60 dengan persentasi ketuntasan 85% dari 20 orang anak. Ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata pengembangan sikap toleransi dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci : Toleransi, Anak Usia Dini, Apresiasi Karya Seni Rupa