MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI TK SITI MASITOH TAROGONG KIDUL GARUT

Abstract

Judul ini diangkat peneliti berdasarkan kurangnya perkembangan kepercayaan diri anak di kelompok B usia 5-6 tahun TK Siti Masitoh Tarogong Kidul Garut. Terdapat beberapa anaknkurang berkembang dalam aspek sosial emosional anak terutama kepercayaan dirinya kurang, karena faktor media pembelajaran kurang bervariasi sehingga pembelajaran monoton, membuat anak bosan, kurangnya pengetahuan guru terhadap metode pembelajaran yang variatif sehingga anak kurang antusias melakukan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk merdeskripsikan penerapan metode bermain peran makro dalam mengembangkan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun di TK Siti Masitoh Tarogong Kidul Garut. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kualitatif deskripsi. Subjek penelitiannya peserta didik kelompok B di TK Siti Masitoh Tarogong Kidul Garut yang berjumlah 16 orang anak. Prosedur penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga petemuan. Kemudian teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukan perkembangan kepercayaan diri anak usia 5-6 tahun sebelum diterapkan metode bermain peran makro persentase dicapai 52% dikategorikan belum berkembang dan setelah metode bermain peran makro dilaksanakan, persentase dihasilkan mencapai 92% dikategorikan “berkembang sesuai harapan” dan “berkembang sangat baik”. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Metode Bermain Peran Makro, Anak Usia Dini