PENGGUNAAN KINETIC SAND PADA PEMBELAJARAN TEMA BUAH-BUAHAN UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TK ARRAHMAN TANJUNGSARI

Abstract

  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukan rendahnya pemerolehan hasil kreativitas anak usia dini di TK Arrahman Tanjungsari dengan ditemukannya beberapa permasalahan diantaranya; metode masih menggunakan metode demonstrasi, pendekatan atau strategi belajar kurang menarik serta terbatasnya media di sekolah sehingga menjadikan kreativitas anak kurang terstimulus. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan kinetic sand pada pembelajaran buah-buahan dalam meningkatkan kreativitas anak di TK Arrahman Tanjungsari. Subjek pada penelitian ini terdapat 17 responden dengan 11 subjek laki-laki dan 6 subjek perempuan. Adapun jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas atau PTK. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan kinetic sand pada pembelajaran tema buah-buahan dalam meningkatkan kreativitas anak di TK Arrahman Tanjungsari menunjukan adanya peningkatan yang signifikan, hal tersebut dapat dilihat dilihat dari persentase keberhasilan, dari hasil observasi awal terdapat 0% anak berkembang sangat baik, 12% kategori anak berkembang sesuai harapan, 29% anak mulai berkembang dan 59% anak belum berkembang. Setelah diterapkannya kinetic sand kreativitas anak menjadi meningkat, pada hasil akhir siklus I mencapai 35% peningkatan kreativitas anak, hasil akhir siklus II mencapai 76% dan hasil akhir siklus III mencapai 100%. Kata kunci: Anak Usia Dini, Kinetic Sand, Kreativitas