MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA LOOSE PART DI TAMAN KANAK KANAK AISYIYAH CABANG SAMARANG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbahasa anak, dibuktikan dengan perkembangan bahasa ekspresif anak di TK Aisyiyah Cabang Samarang yaitu terletak pada pola asuh orang tua dan lingkungan. Berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun dalam proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas masih terpaku kepada penggunaan metode ceramah dan media yang digunakan dalam pembelajaran kurang variatif sehingga kemampuan bahasa ekspresif anak kurang terstimulasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah terdeskripsikannya peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun melalui media loose part di TK Aisyiyah Cabang Samarang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media loose part dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Cabang Samarang, dibuktikan dengan hasil presentase keberhasilan yang mencapai 87% setelah diberikan tindakan Siklus I, Siklus II, dan Siklus III. Kata Kunci: Anak usia dini, Bahasa ekspresif, Media loose part