PERSEPSI ORANGTUA DAN GURU MENGENAI PERAN GURU LAKI-LAKI DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MUSADDADIYAH GARUT

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh mengenai jumlah Pendidik RA antara guru perempuan dan laki-laki sangat berbeda. Pada jenjang PAUD guru perempuan lebih mendominasi dibandingkan guru laki-laki. Oleh karena itu penelitian ini dilatar belakangi dengan jumlah pendidik laki-laki di PAUD yang sangat sedikit karena masih banyaknya masyarakat yang memandang sebelah mata erhadap guru PAUD laki-laki, bahkan ada juga yang menganggap bahwa guru PAUD itu harus perempuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan persepsi orangtua dan guru perempuan mengenai peran guru laki-laki dan untuk mendeskripsikan bentuk responsive guru laki-laki dalam penyelenggaraan PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Musaddadiyah Garut. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa peran guru laki-laki di PAUD penting dan sangat dibutuhkan. Juga bentuk responsive yang didapatkan merupakan respon yang baik dan mengapresiasi karena dapat mendobrak pemikiran masyarakat yang menganggap bahwa guru PAUD itu harus perempuan. Kata kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Peran Guru Laki-laki, Pendidikan