PENGEMBANGAN LITERASI DIGITAL ANAK USIA DINI DALAM ASPEK BAHASA MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI DI KELOMPOK BERMAIN ASY-SYUARO KECAMATAN PASIRWANGI TINGKAT USIA 5-6 TAHUN

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh literasi digital melalui pilar indikator digital ethics yang meningkat dari 3,53 poin menjadi 3,68 pada tahun 2022. Pilar ini mengukur kepekaan pengguna internet dalam mengunggah konten tanpa izin, berkomentar kasar di media sosial, menghargai privasi di media sosia dan sebagainya. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan literasi digital sering kali disalah gunakan, dimana setiap individu menggunakan literasi digital ini hanya untuk bersenang-senang tanpa adanya aktivitas positif dan berdasarkan hasil observasi di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran literasi anak usia dini yaitu proses pembelajaran yang dilakukan di kelas masih bersifat klasikal yang masih terpaku pada penggunaan metode ceramah yang dilakukan secara terus menerus sehingga kemampuan literasi digital anak usia dini dalam aspek bahasa kurang terstimulus dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah terdeskripsikannya pengembangan literasi digital anak usia dini dalam aspek bahasa dan penerapan media video animasi di Kelompok Bermain Asy-syuaro Kecamatan Pasirwangi tingkat usia 5-6 tahun. Adapun jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media video animasi dapat mengembangkan literasi digital anak usia dini dalam aspek bahasa di Kelompok Bermain Asy-syuaro Kecamatan Pasirwangi tingkat usia 5-6 tahun, terbukti dari hasil persentase keberhasilan yang mencapai 100% setelah diberikan tindakan Siklus I, Siklus II, Siklus III dan Siklus IV. Kata Kunci        : Anak Usia Dini, Aspek Bahasa, Literasi digital, Media Video Animasi