UPAYA PEMBENTUKAN PRILAKU BERBAGI PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN STORYTELLING PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL AL-ITTIHAD

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena di RA Al-Ittihad berdasarkan penelitian awal, perilaku berbagi anak masih kurang seperti tidak berbagi makanan kepada teman yang tidak membawa bekal, tidak berbagi pinjam mainan kepada teman dan lainnya. Tujuan penelitian ini adalah Mendapatkan gambaran efektivitas penerapan kegiatan Storytelling pada pembentukan perilaku berbagi AUD di RA Al-Ittihad, dan mendapatkan gambaran signifikan kegiatan Storytelling sebagai salah satu metode stimulasi pembentukan perilaku berbagi pada AUD di sekolah. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK) teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan storytelling dalam upaya pembentukan perilaku berbagi anak usia dini pada kelompok B di RA Al-Ittihad menunjukkan dampak yang signifikan, dilihat dari persentase keberhasilan yang mencapai 84,6%  setelah diberikannya tindakan Siklus I dan Siklus II. Kata Kunci        : Perilaku Berbagi, Anak Usia Dini, Kegiatan Storytelling