PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN BOX ACTIVITY PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATFHAL RA AL-BAYYINAH

Abstract

     Perkembangan sosial emosional adalah proses belajar menyesuaikan diri untuk memahami keadaan. Faktor yang menghambat perkembangan sosial emosional anak usia dini salah satunya terdapat kegiatan yang monoton dan juga terbatasnya sarana yang ada di sekolah kurangnya kolaborasi dengan lingkungan luar membuat sosial emosional anak di RA Al-Bayyinah terhambat. Peneliti mengupayakan peningkatan sosial emosional anak melalui permainan Box Activity. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan perkembangan sosial emosional anak, mendeskripsikan permainan Box Activity pada kelompok B di RA Al-Bayyinah, mendeskripsikan peningkatan perkembangan sosial emosional anak melalui permainan Box Activity. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas atau PTK menggunakan metode kualitatif dengan jumlah peserta didik 19 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. hasil observasi sebelum tindakan dengan persentase 21% setelah diberi tindakan melalui media box activity pada siklus I, kemampuan sosial emosional anak meningkat menjadi 53%, berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. Sedangkan pada siklus II, kemampuan sosial emosional anak mengalami peningkatan menjadi 84% yaitu berada pada kriteria berkembang sesuai harapan. sudah melampaui indikator keberhasilan yang sudah ditetapkan yaitu 76%. kata kunci : sosial emosional, box activity, pengembangan