MENGENALKAN NILAI MATA UANG PADA ANAK USIA DINI MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF CASH REGISTER DI PAUD HARAPAN WARGA

Abstract

Tujuan memilih penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan anak dalam mengenal nilai mata uang, Sehingga peneliti bermaksud untuk mengungkapkan bagaimana perkembangan anak usia dini dalam mengenal nilai mata uang jika menggunakan alat permainan edukatif cash register dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) Model Kemmis Dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di PAUD Harapan Warga yang berjumlah 20 siswa. Setelah penelitian dilakukan dengan 2 siklus, tahapan indikator yang terlihat berkembang yaitu mampu mengenal dan memahami bentuk dan warna uang yang beragam, mengenal bahwa uang dapat digunakan untuk mendapatkan benda atau jasa yang dibutuhkan, kesadaran untuk berbagi kepada orang lain yang lebih membutuhkan, memiliki keterampilan untuk menyisihkan uang guna disimpan dan digunakan dikemudian hari, terakhir mampu memahami bahwa uang sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum.  Berdasarkan hasil penelitian melalui alat permainan edukatif cash register, secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan pengenalan nilai mata uang anak usia dini. dilihat dari hasil persentase menunjukan nilai akhir yaitu BB 0%, MB 15%, BSH 35% dan BSB 50% tentunya hasil tersebut setelah melewati pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Kata Kunci:  Alat Permainan Edukatif; Cash Register; Mata Uang