MENINGKATKAN KEBIASAAN IBADAH SHALAT MELALUI METODE PEMBIASAAN PADA ANAK USIA DINI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kebiasaan ibadah shalat anak yang terjadi di RA Nurul Muthmainnah, diantaranya anak belum mampu melaksanakan shalat dengan tertib, anak belum mampu melafalkan bacaan dan gerakan shalat, bahkan ada anak yang selalu mengganggu teman ketika sedang shalat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kebiasaan ibadah shalat anak usia dini kelas B di RA Nurul Muthmainnah. 2) Mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan untuk meningkatkan kebiasaan ibadha shalat anka sua dini kelas B di RA Nurul Muthmainnah. 3) Mendeskripsikan keefektifan metode pembiasaan terhadap kebiasaan ibadah shalat anak usia dini kelas B di RA Nurul Muthmainnah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sedangkan jenisnya studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan wawancara mendalam serta didukung dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian yang telah dilakukan di lapangan yakni kegiatan praktek shalat. Pembiasaan ini sangat efektif dalam meningkatkan kebiasaan ibadah shalat anak karena dalam kegiatannya anak dibimbing baik bacaan ataupun gerakan secara berulang dalam jangka panjang. Pelaksanaan metode pembiasaaan cukup tepat untuk diterapkan terhadap anak usia dini. Hal ini karena pertumbuhan mereka identik menirukan lingkungan yang di tempatinya. Kata kunci: Kebiasaan Shalat, Anak Usia Dini, Pembiasaan