MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN MEDIA POP IT PADA KELOMPOK B DI KB NURUL HIDAYAH KECAMATAN GARUT KOTA

Abstract

Keterlambatan perkembangan motorik halus pada anak yang melibatkan otot-otot kecil dan koordinasi antara mata dengan tangan seperti meraih benda, menggengam dan memindahkannya dari tangan yang satu ke tangan yang lain yang seharusnya itu bisa dilakukan oleh anak usia dini 5-6 tahun namun dalam hal ini peneliti tidak menemukan hal itu di Paud KB nurul hidayah yang faktor nya adalah kurangnya motivasi berlatih dan kesempatan berlatih dari orang tua yang menyebabkan anak tidak mau berani belajar di sekolah. Dalam hal ini peneliti bertujuan untuk meningkatan motorik halus anak usia dini di KB Nurul Hidayah dalam Media Pop It. dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) Model Kemmis Dan Mc. Taggart. metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu 20 peserta didik usia 5-6 Tahun di KB Nurul Hidayah.  Penelitian dilakukan selama 2 siklus, tahapan indikator yang terlihat anak mampu mengetahui dan mengenali media Pop It, Anak bisa mengkoordinasikan tangan dan matanya dengan baik saat menggunakan Pop It, Menggunakan pop it dengan baik dan benar, Anak dapat membuat bentuk sempurna dengan menggabung kan dua bentuk Pop It yang berbeda. Anak dapat menghitung berapakah jumlah bulatan Pop It untuk menjadi bentuk yang sempurna.  Berdasarkan hasil penelitian melalui penerapan Media Pop It secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan Motorik Halus anak usia dini. Dilihat dari hasil presentase yaitu siklus I BB (50%), MB (40%), BSH (10%), BSB (0%), Sedangkan Siklus II yaitu BB (0%), MB (0%), BSH (20%), BSB (80%) Kata kunci: Anak, Media Pop It , Motorik Halus